Sabtu, 31 Oktober 2015


MAGANG 1
Oleh : Agus Purnomo/13410250


Universitas PGRI Semarang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang bertugas menyiapkan tenaga kependidikan profesional. Oleh sebab itu, komposisi program pendidikan S1 yang melanjutkan PPG tidak terlepas dari kegiatan Magang.
Magang merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi yang langsung mengambil PPG. Magang ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, berdisiplin dan mengetahui tata cara sebagaimana mestinya seorang guru, untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa telah dibekali dengan berbagai mata kuliah yang akan menunjang kegiatan Magang, dan pengembangan profesionalismenya nanti di dunia kerja. Kegiatan Magang dilakukan secara bertahap yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap I (Magang 1), tahap II (Magang II), dan tahap III (Magang III).

Mata kuliah Magang merupakan mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahaiswa jurusan kependidikan yang mengambil PPG. Bobot sks mata kuliah Magang adalah 2 SKS selama satu semester. Magang merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tenga kependidikan, dengan berdasarkan pada kompetensi yang termasuk dalam program kurikulum Universitas PGRI Semarang. Oleh karena itu Magang wajib dilaksanakan mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang mengambil program studi pendidikan dan melanjutkan PPG.

Secara umum, Magang yang dilaksanakan bertujuan untuk lebih membina, mengembangkan dan meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap mahasiswa terhadap siswa di sekolah dan lingkungannya. Melalui kegiatan praktik mahasiswa dapat secara konkrit atau nyata memperdalam dan memahami praktik lapangan sebagai persiapan yang mantap sebagai calon guru. Selain itu Magang berfungsi sebagai bekal bagi praktikan agar memiliki pengalaman secara nyata tentang pengajaran di sekolah. Jadi, diharapkan praktikan juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang menunjang tercapainya penguasaan kompetensi professional, personal dan kemasyarakatan. Maka setelah Magang selesai mahasiswa tidak akan canggung lagi apabila nantinya terjun langsung di masyarakat sebagai seorang pendidik yang profesional, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya akan dapat meningkat dan kualitas pendidikan khususnya di Universitas PGRI Semarang juga akan mengalami kemajuan.
Dengan melaksanakan Magang diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap semua komponen yang terkait, yaitu mahasiswa (praktikan), sekolah dan Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
1.   Manfaat bagi praktikan
a.       Praktikan dapat memahami keadaan sekolah dan lingkungannya.
b.      Praktikan dapat mempraktikan ilmu yang diperolehnya selama dibangku kuliah melalui proses pengajaran yang dibimbing oleh guru pamong di dalam kelas.
c.       Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang pelaksanaan pendidikan.
d.      Mendewasakan cara berfikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.

2.   Manfaat bagi sekolah
a.       Dapat meningkatkan kualitas pendidik.
b.      Dapat menambah keprofesionalan guru.

3.   Manfaat bagi Universitas PGRI Semarang
a.       Memperoleh masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan penelitian.
b.      Memperluas dan meningkatkan jaringan dan kerja sama dengan sekolah yang diteliti.
A.      Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
a.    Visi SMK Kristen Gergaji
Menciptakan tenaga kerja tingkat menengah yang:
1.    Berbudi luhur.
2.    Penuh pengabdian.
3.    Bertanggung jawab.
4.    Terampil.
5.    Mandiri.

b.    Misi SMK Kristen Gergaji
1.    Menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menjadi faktor keunggulan dalam berbagai sektor pembangunan.
2.    Mengubah siswa dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif.
3.    Menghasilkan tenaga kerja profesional untuk memenuhi tuntutan kebutuhan industri pada khususnya dan pembangunan pada umumnya.
4.    Membekali siswa dengan kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.




c.    Tujuan Sekolah
a.    Mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profrsional.
b.    Menyiapkan siswa mampu memiliki karier, mampu berkomunikasi dan mampu mengembangkan diri.
c.    Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri saat ini maupun masa yang akan dating.
d.   Menyiapkan siswa menjadi warga Negara yang produktif, adatif dan kreatif.

B.       Praktik baik yang dilakukan sekolah (Best Practices)
Adanya kerjasama dengan Akademi Marsudirini dalam kelas/penjurusan bidang Administrasi Perkantoran.

C.       Kurikulum yang diterapkan di sekolah dan prinsip-prinsip pengembangannya
SMK Kristen Gergaji Semarang menggunakan kurikulum 2013 untuk kelas X dan XI, dan kurikulum KTSP digunakan untuk kelas XII.
Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMK Kristen Gergaji Semarang mengalami beberapa kendala, diantaranya:
-       Siswa kurang aktif ketika di kelas.
-       Ada beberapa guru kejuruan yang belum mendapatkan sosialisasi tentang kurikulum 2013.
-       Buku kurang memadai. Baru ada buku untuk siswa, buku untuk guru belum ada.
-       Alat peraga belum ada.
-       Kelas kurang memadai (belum ada LCD).
-       Belum ada ruang khusus untuk praktik.
D.      Keadaan Fisik Sekolah
( Amati keadaan fisik sekolah, ada baiknya dilengkapi dengan foto/video, uraikan secara detail keunggulan, kelemahan dan permasalahan yang ada )
  1. Luas tanah                   : 3600 m².
  2. Jumlah Ruang Kelas   : 6 kelas.
  3. Ukuran Ruang Kelas   : 42 m2.
  4. Bangunan lain yang ada
a.       Ruang Komputer                          luasnya: 56 m2
b.      Laboratorium Mengetik                luasnya: 56 m2
c.       Ruang BK                                     luasnya: 15 m2
d.      Ruang OSIS                                  luasnya: 56 m2
e.       Perpustakaan                                 luasnya: 56 m2
f.       Kantor Kepala Sekolah                 luasnya: 15 m2
g.      Kantor Guru                                  luasnya: 56 m2
h.      Kamar Mandi                                luasnya: 5 m2
i.        Gudang                                         luasnya: 20 m2
j.        Rumah Penjaga                             luasnya: 10 m2

  1. Lapangan Olah Raga (jenis ukuran)
­­­Memiliki sebuah lapangan olahraga yang berfungsi sebagai lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal, dan juga digunakan ketika melaksanakan upacara.

E.       Keadaan Lingkungan Sekolah
( jelaskan lingkungan sekolah, yang meliputi : bangunan sekitar sekolah, masyarakat sekitar sekolah, masyarakat asal peserta didik, rata-rata jarak domisili siswa dengan sekolah, sarana transportasi ke sekolah, Komite sekolah , ada baiknya dilengkapi foto/video)
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
-       Sebelah kanan sekolah        : garasi mobil pemkot Semarang.
-       Sebelah kiri sekolah            : gedung Golkar.
-       Depan sekolah                    : SD Bina Amal.

2.      Kondisi Lingkungan Sekolah
Kondisi lingkungan sekitar SMK Kristen Gergaji Semarang sangat ramai, karena SMK Kristen Gergaji satu gedung dengan TK Gergaji, SD Gergaji dan SMP Gergaji. Selain itu, dengan gedung sekolah banyak warung-warung makan. Kemudian, jarak domisili siswa dengan sekolah lumayan jauh, jadi sebagian besar siswa SMK Kristen Gergaji Semarang menggunakan sepeda motor untuk sampai di sekolah.




  1. Lingkungan masyarakat sekolah
Dari segi ekonomi orang tua siswa, bisa dikatakan mereka berada pada ekonomi tingkat menengah ke bawah. Para siswa yang tidak menggunakan sepeda motor memerlukan transportasi umum untuk sampai di sekolah. Tetapi, sebagian besar siswa sudah menggunakan sepeda motor sendiri.

F.        Fasilitas Sekolah (tuliskan jenis, kuantitas dan kualitasnya)
1.    Perpustakaan                           : -  1 kipas angin.
-       6 buah lampu.
-       1 televisi.
-       2 papan tulis kapur.
-       8 rak buku.
2.    Ruang Mengetik                     : -  1 kipas angin.
-       3 buah lampu.
-       1 papan tulis kapur.
-       2 rak buku.
-       40 alat ketik.
3.    Laboratorium Komputer         : -   2 kipas angin.
-       4 lampu.
-       21 komputer.
-       20 meja.
-       30 kursi.
-       2 papan tulis.
-       1 printer.
4.    Ruang BP                                : -  1 kipas angin.
-        
5.    Ruang Serbaguna (Aula)         : -  3 kipas angin.
-       30 lampu.
-       150 kursi.
-       3 meja besar.
6.    Ruang Tata Usaha                   : -  1 kipas angin.
-       1 komputer.
-       1 mesin ketik.
-       1 printer.

G.      Guru dan karyawan
( uraikan keadaan guru, linieritas guru dengan mapel, kondisi social ekonomi para guru dan karyawan)
1.    Jumlah Guru dan karyawan    :  - guru                        : 15 orang.
   - karyawan TU         : 1 orang.
   - petugas kebersihan : 2 orang.
2.    Jumlah Kelas                           : 6 kelas.
3.    Jumlah Siswa per kelas           : 23 siswa.
4.    Jumlah siswa seluruhnya         : 133 siswa.


H.      Kesiswaan
(uraikan tatacara, prosedur, dan kriteria penerimaan peserta didik baru, serta kegiatan pengembangan/pembinaan siswa dsb )
1.      Kriteria penerimaan siswa baru
Untuk siswa yang ingin mendaftarkan diri di SMK Kristen Gergaji harus melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:
-       Siswa datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran.
-       Siswa akan diseleksi berdasarkan nilai UN ketika SMP.
-       Bagi siswa yang sudah diterima, 3 hari sebelum masuk sekolah harus mengikuti tes wawancara untuk penjurusan kelas.

2.      Kegiatan pengembangan siswa / kegiatan ekstra kurikuler
Di SMK Kristen Gergaji Semarang hanya terdapat 2 kegiatan ekstra kurikuler yaitu ekstra kurikuler futsal dan ekstra kurikuler renang.




3.    Kegiatan Pramuka, Karya Ilmiah siswa, dll
Di SMK Kristen Gergaji Semarang tidak ada kegiatan pramuka, karya ilmiah siwa atau yang lainnya.

I.     Karakteristik peserta didik
Di SMK Kristen Gergaji ada beberapa budaya, diantaranya: budaya bersih, budaya disiplin, budaya sopan santun, budaya menyanyi, budaya doa pagi khusus guru, dan budaya doa siang untuk siswa.

J.         Tata Tertib
1.    Untuk siswa
-            Tata tertib pada umumnya       :
a)    Sekolah mulai pada pukul 06.45 wib, semua wajib datang sebelum pembelajaran dimulai.
b)   Siswa yang datang terlambat wajib melapor pada guru piket/ BP/ kepala sekolah, mengikuti pelajaran pada jam ke-2 setelah mendapatkan sanksidari guru piket/ BP/ Kepala sekolah.
c)    Siswa yang meninggalkan sekolah sebelum pelajaran sekolah selesai harus minta izin kepada guru piket/ BP/ Kepala sekolah.
d)   Siswa yang tidak masuk karena sakit atau sebab lainnya wajib menyerahkan surat dokter atau surat izin dari orang tua atau wali murid dialamatkan kepada wali kelas / Kepala sekolah.
e)    Semua siswa wajib mengikuti segala kegiatan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah.
f)    Siswa wajib mengikuti secara tertib :
1)        Upacara bendera di sekolah setiap hari senin.
2)        Upacara hari-hari besar nasional.
3)        Kebaktian sekolah setiap satu bulan sekali.
g)   Bila guru belum datang atau berhalangan hadir siswa diharap tenang berada di dalam kelas, sedangkan ketua kelas segera melapor pada guru piket/ Kepala sekolah.
h)   Siswa tidak diperkenankan menerima tamu diluar,kecuali seizin guru piket/ BP/ Kepala sekolah.
i)     Siswa wajib ikut bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas , gedung sekolah, halaman, serta tanaman yang berada didalamnya.
-            Tata tertib pakaian dan dandan
1.    Semoga siswa wajib berpakaian seragam sekolah dengan kelengkapan bedge osis dan tanda lokasi yang dijahit pada baju.
2.    Pemakaian seragam sekolah         :
a.    Kemeja /blouse lengan pendek ( warna putih ) harus dimasukkan kedalam celana atau rok warna abu-abu tiap hari senin dan selasa.
b.    Tiap hari rabu dan kamis memakai seragam jurusan masing-masing sesuai ketentuan yang berlaku.
c.    Selama pelajaran olahraga/kesehatan dilapangan hendaknya memakai pakaian olahraga sesuai ketentuan yang berlaku.
d.   Semua siswa hendaknya menggunakan sepatu dan berkaos kaki putih.
e.    Semua siswa putra tidak diperkenankan berambut gondrong dan dicat warna-warni.
f.     Siswa putri tidak diperkenankan memakai lipstick, rok mini/panjang dan rambut tidak boleh dicar warna-warni.
-            Larangan-larangan bagi siswa :
1.    Siswa tidak diperkenankan membawa, menyiapkan atau menghisap rokok atau barang/benda lain yang dilarang penggunaannya oleh hukum.
2.    Siswa dilarang menyiapkan, membawa bacaan, gambar-gambar yang tidak senonoh.
3.    Siswa dilarang berkelahi antar siswa terutama dalam satu kelas osis.
4.    Siswa dilarang melakukan tindakan-tindakan yang mencemarkan nama baik orang tua/ guru/ sekolah.

-            Kewajiban-kewajiban lainnya  :
1.    Siswa wajib bersikap sopan dan hormat terhadap guru, karyawan sekolah, dan semua pihak yang termasuk lingkungan SMK Kristen Gergaji.
2.    Siswa waib menghormati keyakinan agama/ Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa orang atau kawan lainnya.
3.    Siswa wajib patuh dan melakukan tugas-tugas yang diberikan guru.
4.    Siswa wajib menjaga barang miliknya sendiri baik berupa orang dan barang-barang berharga lainnya.
5.    Siswa wajib melaporkan jika menemukan/kehilangan barang.
6.    Siswa menggantikan barang-barang sekolah yang dihilangkan atau dirusakkan.
7.    Siswa wajib melaporkan perubahan alamat siswa/ orang tua/ wali murid.
8.    Uang sekolah ( SPP ) iuran-iuran lainnya dibayar tiap bulan dan paling lambat tanggal 10. Jumlah uang sekolah ( SPP ) . . . tahun dibayarkan 12 kali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar