MAGANG 1
Oleh : Agus Purnomo/13410250
Universitas PGRI Semarang merupakan
salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang bertugas
menyiapkan tenaga kependidikan profesional. Oleh sebab itu, komposisi program
pendidikan S1 yang melanjutkan PPG tidak terlepas dari kegiatan Magang.
Magang merupakan salah satu kegiatan
pendidikan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi yang
langsung mengambil PPG. Magang ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga
kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, berdisiplin dan mengetahui
tata cara sebagaimana mestinya seorang guru, untuk mencapai tujuan tersebut
mahasiswa telah dibekali dengan berbagai mata kuliah yang akan menunjang
kegiatan Magang, dan pengembangan profesionalismenya nanti di dunia kerja.
Kegiatan Magang dilakukan secara bertahap yang terdiri atas tiga tahap, yaitu
tahap I (Magang 1), tahap II (Magang II), dan tahap III (Magang III).
Mata kuliah Magang merupakan mata
kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahaiswa jurusan kependidikan yang mengambil
PPG. Bobot sks mata kuliah Magang adalah 2 SKS
selama satu semester. Magang merupakan bagian integral
dari kurikulum pendidikan tenga kependidikan, dengan berdasarkan pada
kompetensi yang termasuk dalam program kurikulum Universitas PGRI Semarang. Oleh karena
itu Magang wajib dilaksanakan mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang mengambil
program studi pendidikan dan melanjutkan PPG.
Secara umum, Magang yang dilaksanakan
bertujuan untuk lebih membina, mengembangkan dan meningkatkan wawasan,
pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap mahasiswa terhadap siswa di sekolah
dan lingkungannya. Melalui kegiatan praktik mahasiswa dapat secara konkrit atau
nyata memperdalam dan memahami praktik lapangan sebagai persiapan yang mantap
sebagai calon guru. Selain itu Magang berfungsi sebagai bekal bagi praktikan
agar memiliki pengalaman secara nyata tentang pengajaran di sekolah. Jadi, diharapkan praktikan juga memiliki pengetahuan dan
keterampilan yang menunjang tercapainya penguasaan kompetensi professional,
personal dan kemasyarakatan. Maka setelah Magang selesai mahasiswa tidak akan canggung lagi apabila
nantinya terjun langsung di masyarakat sebagai seorang pendidik yang profesional,
sehingga kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya akan dapat meningkat dan
kualitas pendidikan khususnya di Universitas PGRI Semarang juga akan mengalami kemajuan.
Dengan melaksanakan Magang diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap semua komponen yang terkait,
yaitu mahasiswa (praktikan), sekolah dan Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
1. Manfaat bagi praktikan
a.
Praktikan dapat memahami keadaan sekolah
dan lingkungannya.
b. Praktikan
dapat mempraktikan ilmu yang diperolehnya selama dibangku kuliah melalui proses
pengajaran yang dibimbing oleh guru pamong di dalam kelas.
c. Memperdalam
pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang pelaksanaan pendidikan.
d. Mendewasakan
cara berfikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan
penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.
2. Manfaat bagi sekolah
a. Dapat
meningkatkan kualitas pendidik.
b. Dapat
menambah keprofesionalan guru.
3. Manfaat bagi Universitas PGRI Semarang
a. Memperoleh
masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
penelitian.
b. Memperluas dan meningkatkan jaringan dan kerja sama
dengan sekolah yang diteliti.
A. Visi,
Misi, dan Tujuan Sekolah
a. Visi SMK
Kristen Gergaji
Menciptakan tenaga kerja
tingkat menengah yang:
1. Berbudi
luhur.
2. Penuh
pengabdian.
3. Bertanggung
jawab.
4. Terampil.
5. Mandiri.
b. Misi SMK
Kristen Gergaji
1. Menghasilkan
sumber daya manusia yang dapat menjadi faktor keunggulan dalam berbagai sektor
pembangunan.
2. Mengubah
siswa dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif.
3. Menghasilkan
tenaga kerja profesional untuk memenuhi tuntutan kebutuhan industri pada
khususnya dan pembangunan pada umumnya.
4. Membekali
siswa dengan kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.
c. Tujuan Sekolah
a. Mempersiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja
serta mengembangkan sikap profrsional.
b. Menyiapkan siswa mampu memiliki karier, mampu
berkomunikasi dan mampu mengembangkan diri.
c. Menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah
untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri saat ini maupun masa
yang akan dating.
d. Menyiapkan siswa menjadi warga Negara yang produktif,
adatif dan kreatif.
B. Praktik
baik yang dilakukan sekolah (Best Practices)
Adanya kerjasama dengan
Akademi Marsudirini dalam kelas/penjurusan bidang Administrasi Perkantoran.
C. Kurikulum
yang diterapkan di sekolah dan prinsip-prinsip pengembangannya
SMK Kristen Gergaji Semarang
menggunakan kurikulum 2013 untuk kelas X dan XI, dan kurikulum KTSP digunakan
untuk kelas XII.
Kurikulum 2013 yang
diterapkan di SMK Kristen Gergaji Semarang mengalami beberapa kendala,
diantaranya:
- Siswa
kurang aktif ketika di kelas.
- Ada
beberapa guru kejuruan yang belum mendapatkan sosialisasi tentang kurikulum
2013.
- Buku
kurang memadai. Baru ada buku untuk siswa, buku untuk guru belum ada.
- Alat
peraga belum ada.
- Kelas
kurang memadai (belum ada LCD).
- Belum
ada ruang khusus untuk praktik.
D. Keadaan
Fisik Sekolah
( Amati keadaan fisik sekolah, ada baiknya dilengkapi
dengan foto/video, uraikan secara detail keunggulan, kelemahan dan permasalahan
yang ada )
- Luas tanah : 3600 m².
- Jumlah Ruang Kelas : 6 kelas.
- Ukuran Ruang Kelas : 42 m2.
- Bangunan
lain yang ada
a.
Ruang Komputer luasnya:
56 m2
b. Laboratorium
Mengetik luasnya: 56 m2
c. Ruang BK luasnya: 15 m2
d. Ruang
OSIS luasnya:
56 m2
e. Perpustakaan luasnya: 56 m2
f. Kantor
Kepala Sekolah luasnya: 15 m2
g. Kantor
Guru luasnya:
56 m2
h. Kamar Mandi luasnya: 5 m2
i.
Gudang luasnya:
20 m2
j.
Rumah
Penjaga luasnya:
10 m2
- Lapangan
Olah Raga (jenis ukuran)
Memiliki sebuah lapangan olahraga yang
berfungsi sebagai lapangan basket, lapangan voli, lapangan futsal, dan juga
digunakan ketika melaksanakan upacara.
E. Keadaan
Lingkungan Sekolah
( jelaskan lingkungan sekolah, yang meliputi :
bangunan sekitar sekolah, masyarakat sekitar sekolah, masyarakat asal peserta
didik, rata-rata jarak domisili siswa dengan sekolah, sarana transportasi ke
sekolah, Komite sekolah , ada baiknya dilengkapi foto/video)
1. Jenis
bangunan yang mengelilingi sekolah :
- Sebelah
kanan sekolah : garasi mobil pemkot
Semarang.
- Sebelah
kiri sekolah : gedung Golkar.
- Depan
sekolah : SD Bina Amal.
2. Kondisi
Lingkungan Sekolah
Kondisi lingkungan sekitar SMK Kristen Gergaji
Semarang sangat ramai, karena SMK Kristen Gergaji satu gedung dengan TK
Gergaji, SD Gergaji dan SMP Gergaji. Selain itu, dengan gedung sekolah banyak
warung-warung makan. Kemudian, jarak domisili siswa dengan sekolah lumayan
jauh, jadi sebagian besar siswa SMK Kristen Gergaji Semarang menggunakan sepeda
motor untuk sampai di sekolah.
- Lingkungan masyarakat sekolah
Dari segi ekonomi orang tua siswa, bisa
dikatakan mereka berada pada ekonomi tingkat menengah ke bawah. Para siswa yang
tidak menggunakan sepeda motor memerlukan transportasi umum untuk sampai di
sekolah. Tetapi, sebagian besar siswa sudah menggunakan sepeda motor sendiri.
F.
Fasilitas Sekolah (tuliskan jenis, kuantitas
dan kualitasnya)
1.
Perpustakaan : - 1 kipas
angin.
-
6
buah lampu.
-
1
televisi.
-
2
papan tulis kapur.
-
8 rak
buku.
2.
Ruang
Mengetik : - 1 kipas angin.
-
3
buah lampu.
-
1
papan tulis kapur.
-
2 rak
buku.
-
40
alat ketik.
3. Laboratorium Komputer : - 2 kipas
angin.
- 4 lampu.
- 21 komputer.
- 20 meja.
- 30 kursi.
- 2 papan tulis.
- 1 printer.
4.
Ruang BP : - 1 kipas
angin.
-
5.
Ruang Serbaguna (Aula) : - 3 kipas
angin.
-
30
lampu.
-
150
kursi.
-
3
meja besar.
6.
Ruang Tata Usaha : - 1 kipas angin.
-
1
komputer.
-
1
mesin ketik.
-
1
printer.
G. Guru dan
karyawan
( uraikan keadaan guru, linieritas guru dengan mapel,
kondisi social ekonomi para guru dan karyawan)
1.
Jumlah Guru dan karyawan : - guru : 15 orang.
-
karyawan TU : 1 orang.
-
petugas kebersihan : 2 orang.
2.
Jumlah Kelas :
6 kelas.
3.
Jumlah Siswa per kelas : 23 siswa.
4.
Jumlah siswa seluruhnya : 133 siswa.
H. Kesiswaan
(uraikan tatacara, prosedur, dan kriteria penerimaan
peserta didik baru, serta kegiatan pengembangan/pembinaan siswa dsb )
1. Kriteria penerimaan siswa baru
Untuk
siswa yang ingin mendaftarkan diri di SMK Kristen Gergaji harus melalui
tahapan-tahapan sebagai berikut:
- Siswa
datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran.
- Siswa
akan diseleksi berdasarkan nilai UN ketika SMP.
- Bagi
siswa yang sudah diterima, 3 hari sebelum masuk sekolah harus mengikuti tes
wawancara untuk penjurusan kelas.
2. Kegiatan pengembangan siswa / kegiatan ekstra
kurikuler
Di SMK Kristen Gergaji
Semarang hanya terdapat 2 kegiatan ekstra kurikuler yaitu ekstra kurikuler
futsal dan ekstra kurikuler renang.
3. Kegiatan Pramuka, Karya Ilmiah siswa, dll
Di SMK
Kristen Gergaji Semarang tidak ada kegiatan pramuka, karya ilmiah siwa atau
yang lainnya.
I. Karakteristik
peserta didik
Di SMK
Kristen Gergaji ada beberapa budaya, diantaranya: budaya bersih, budaya
disiplin, budaya sopan santun, budaya menyanyi, budaya doa pagi khusus guru,
dan budaya doa siang untuk siswa.
J.
Tata Tertib
1. Untuk
siswa
-
Tata
tertib pada umumnya :
a) Sekolah
mulai pada pukul 06.45 wib, semua wajib datang sebelum pembelajaran dimulai.
b) Siswa
yang datang terlambat wajib melapor pada guru piket/ BP/ kepala sekolah,
mengikuti pelajaran pada jam ke-2 setelah mendapatkan sanksidari guru piket/
BP/ Kepala sekolah.
c) Siswa
yang meninggalkan sekolah sebelum pelajaran sekolah selesai harus minta izin
kepada guru piket/ BP/ Kepala sekolah.
d) Siswa
yang tidak masuk karena sakit atau sebab lainnya wajib menyerahkan surat dokter
atau surat izin dari orang tua atau wali murid dialamatkan kepada wali kelas /
Kepala sekolah.
e) Semua
siswa wajib mengikuti segala kegiatan yang berhubungan dengan pelajaran
sekolah.
f) Siswa
wajib mengikuti secara tertib :
1)
Upacara bendera di sekolah setiap hari senin.
2)
Upacara hari-hari besar nasional.
3)
Kebaktian sekolah setiap satu bulan sekali.
g) Bila
guru belum datang atau berhalangan hadir siswa diharap tenang berada di dalam
kelas, sedangkan ketua kelas segera melapor pada guru piket/ Kepala sekolah.
h) Siswa
tidak diperkenankan menerima tamu diluar,kecuali seizin guru piket/ BP/ Kepala
sekolah.
i) Siswa
wajib ikut bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas , gedung sekolah,
halaman, serta tanaman yang berada didalamnya.
-
Tata
tertib pakaian dan dandan
1. Semoga
siswa wajib berpakaian seragam sekolah dengan kelengkapan bedge osis dan tanda
lokasi yang dijahit pada baju.
2. Pemakaian
seragam sekolah :
a. Kemeja
/blouse lengan pendek ( warna putih ) harus dimasukkan kedalam celana atau rok
warna abu-abu tiap hari senin dan selasa.
b. Tiap
hari rabu dan kamis memakai seragam jurusan masing-masing sesuai ketentuan yang
berlaku.
c. Selama
pelajaran olahraga/kesehatan dilapangan hendaknya memakai pakaian olahraga
sesuai ketentuan yang berlaku.
d. Semua
siswa hendaknya menggunakan sepatu dan berkaos kaki putih.
e. Semua
siswa putra tidak diperkenankan berambut gondrong dan dicat warna-warni.
f. Siswa
putri tidak diperkenankan memakai lipstick, rok mini/panjang dan rambut tidak
boleh dicar warna-warni.
-
Larangan-larangan
bagi siswa :
1.
Siswa tidak diperkenankan membawa, menyiapkan
atau menghisap rokok atau barang/benda lain yang dilarang penggunaannya oleh
hukum.
2.
Siswa dilarang menyiapkan, membawa bacaan, gambar-gambar
yang tidak senonoh.
3.
Siswa dilarang berkelahi antar siswa terutama
dalam satu kelas osis.
4.
Siswa dilarang melakukan tindakan-tindakan yang
mencemarkan nama baik orang tua/ guru/ sekolah.
-
Kewajiban-kewajiban
lainnya :
1. Siswa
wajib bersikap sopan dan hormat terhadap guru, karyawan sekolah, dan semua
pihak yang termasuk lingkungan SMK Kristen Gergaji.
2. Siswa
waib menghormati keyakinan agama/ Kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa orang atau
kawan lainnya.
3. Siswa
wajib patuh dan melakukan tugas-tugas yang diberikan guru.
4. Siswa
wajib menjaga barang miliknya sendiri baik berupa orang dan barang-barang
berharga lainnya.
5. Siswa
wajib melaporkan jika menemukan/kehilangan barang.
6. Siswa
menggantikan barang-barang sekolah yang dihilangkan atau dirusakkan.
7. Siswa
wajib melaporkan perubahan alamat siswa/ orang tua/ wali murid.
8. Uang
sekolah ( SPP ) iuran-iuran lainnya dibayar tiap bulan dan paling lambat
tanggal 10. Jumlah uang sekolah ( SPP ) . . . tahun dibayarkan 12 kali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar