
MENCIPTAKAN
PELUANG USAHA BARU “UNTUK TELA UNGU”
CREATE A NEW BUSINESS OPPORTUNITIES
"FOR TELA PURPLE"
Disusun guna memenuhi
tugas akhir Mata Kuliah Penulisan Ilmiah
Oleh:
AGUS PURNOMO
13410250
PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN
BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PGRI
SEMARANG
Semarang
2015
ABSTRAK
Selama ini masyarakat Indonesia
masih belum mengoptimalkan ptensi yang terdapat pada tanaman ketela (ubi jalar)
karena penggunaanya terbatas hanya sebatas diolah menjadi keripik dan aneka
makanan tradisional. Jadi dari usaha tersebut kami akan menciptakan sebuah
kreativitas baru yaitu mengolah menjadi “Untuk Yuyu Tela ungu” untuk
menciptakan peluang usaha baru dan membangkitkan semangat wirausaha untuk mengali
sebuah potensi masyarakat yang kreatif,
inovatif, dan fleksibel. Langkah-langkah pembuatan “Untuk Yuyu Tela Ungu”
sebagai berikut:
a. Pengambilan
ubi jalar yang sudah tua.
b. Pengupasan
ubi jalar hingga bersih.
c. Setelah
di kupas, cuci ubi jalar tersebut hingga bersih.
d. Setelah
itu potong ubi jalar.
e. Kukus
ubi jalar tersebut hingga teksturnya lembut
f. Campurkan
bahan yang telah di sediakan.
g. Setelah
itu aduk hingga kalis dan siap untuk dicetak.
Kata kunci:
menciptakan peluang usaha baru
ABSTRACT
During this
time the Indonesian people are still not optimizing ptensi contained in the
cassava plant (sweet potatoes) because its use is limited only to the extent
processed into chips and a variety of traditional foods. So from these efforts
we will create a new creativity that process becomes "To Yuyu Tela
purple" to create new business opportunities and stimulating
entrepreneurial potential to multiply a society that is creative, innovative,
and flexible. The steps to create "To Yuyu Tela Purple" as follows:
a.
Intake of sweet potatoes that are old.
b.
Stripping yams until clean.
c. Once
peeled, wash the sweet potatoes until they are clean.
d.
After that piece of sweet potato.
e.
Steam the sweet potato until soft texture
f.mix of materials that have been provided
g.
After that, stirring until smooth and ready for printing.
Keywords:
create new business opportunities
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Perkembangan kehidupan
yang semakin pesat serta dilindungi pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat
memepengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia. Perubahan gaya hidup tersebut
tidak hanya disisi teknologi, tetapi juga selera dan minat masyarakat terhadap
makanan tradisonal dari negaranya sendiri. Makanan tradisional saat ini mulai
tersaingi dengan makanan modern yang memberikan rasa yang berkelas dengan
tampilan yang menarik. Dua hal itulah yang membuat makanan tradisonal kurang
diminati oleh msayarakat. Oleh karena itu, untuk mengangkat minat masyarakat
terhadap makanan tradional tersebut, hal ini dilakukan agar perkembangan yang
terjadi tidak ikut mematikan minat masyarakat terhadap makanan tradisonal yang
ada. Selain itu hal tersebut merupakan terobosan-terobosan baru yang bergunan
bagi kelangsungan hidup masyarakat.
Ubi jalar (tela ungu)
merupakan sebuah sebuah ubi-ubian yang dulunya hanya dibuat menjadi keripik
atau sebagai pengganti bahan pokok makanan. Oleh karena itu agar masyarakat
lebih familiar dengan ubi tela ini, kami menciptakan “Untuk Yuyu Tela Ungu”.
Pengenalan untuk yuyu ini dengan maksud
membuat terobosan baru, yang dapat dilakukan untuk mengurangi penganguran dan
menciptakan peluang usaha serta kreativitas masyarakat.
Pemanfaatan ubi jalar
(tela ungu) untuk dikonsumsi adalah dengan mengolahnya menjadi “Untuk Yuyu Tela
Ungu”. Proses pembuatannya relative
mudah dan tidak memerlukan bahan atau alat khusus. “Untuk Yuyu Tela Ungu” juga
memiliki keunggulan yang lain, yaitu harganya terjangkau oleh masyarakat dan
aman dikonsumsi.
Kota Pati salah satu kota di Jawa Tengah
yang memiliki potensi besar terhadap tanaman ketela. Akan tetatpi,
pemanfaatanya masih belum optimal. Oleh karena itu, dilakukan usaha pembuatan
“Untuk Yuyu Tela Ungu” karena produk tersebut masih jarang ditemukan dipasaran.
“Untuk Yuyu Tela Ungu” akan menambah minat konsumen. Hal ini merupakan peluang
bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat.
B.
Peumusan
Masalah
Peluang usaha makanan “Untuk Yuyu Tela Ungu” dengan
inovasi ini dapat meningkatkan minat terhadap makanan tersebut. Permaslahan
yang ingin kami pecahkan adalah:
1.
Bagaimana
proses pembuatan “Untuk Yuyu Tela Ungu” dengan inovasi baru?
2.
Bagaimana
strategi pemasaran yang kami lakukan?
3.
Bagaimana
pengembangan usaha “Untuk Yuyu Tela Ungu”?
C.
Tujuan
Program
Tujuan program dari menciptakan inovasi yang berasal
dari ubi jalar (tela ungu) berupa “Untuk Yuyu Tela Ungu” yaitu:
a.
Dalam menciptakan proses pembuatan “Untuk Yuyu Tela” itu memang diera
moodern ini harus mampu menciptakan sebuah ide yang tentunya yang kreatif dan
inovatif yang dapat diterima oleh masyarakat sekitar dan menambahkan peluang
usaha yang menguntungkan.
b.
Dalam strategi pemasaran yang kami lakukan untuk menginforrmasikan produk
baru ini dengan cara membagikan sampel kepada masyarakat sekitar agar
masyarakat sekitar dapat mengenal produk ini dengan baik.
c.
Pengembangan yang kami lakukan dalam proses pembuatan “Untuk Yuyu Tela
Ungu” setelah sukses kami akan mengembangkan produk yang lain tentu untuk
menunjang kretivitas masyarakat sekitar.
D. Manfaat
Penelitian
Manfaat
dari penelitian “Untuk Yuyu Tela Ungu” ada dua yaitu secara teoritis dan
praktis.
1.
Teoritis
Program
ini akan melatih meningkatkan keterampilan, kemampuan kami dalam berwirausaha
untuk mendapat keuntungan, meningkatkan peran dan kepedulian kami terhadap ubi
jalar (tela ungu) untuk diolah sehingga memiliki nilai jual.
2.
Praktis
a.
Mningkatkan kreativitas berwirausaha sehingga
dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
b.
Dapat mengurangi tingkat penganguran.
c.
Menciptakan peluang usaha baru dengan mengolah
uni jalar (tela ungu) menjadi “Untuk Yuyu Tela Ungu”.
E. Metode
Penelitian
Metedo peneliian yang kami gunakan
adalah metode wawancara kepada UD. ANING BAWANG PUTIH yang merupakan sebuah
pabrik yang membuat berbagai makanan ringan.
BAB II
PROSES PRODUKSI
1.
Proses
pembuatan “Untuk Yuyu Tela Ungu” cukup mudah:
a.
Siapkan
ubi jalar (tela ungu)
b.
Kupas
ubi jalar dan cuci sampai bersih.
c.
Kukus
ubi jalar tersebut hingga matang
d.
Tumbuk
hingga halus dan campurkan tepung kanji, telur.
e.
Cetak
ubi jalar tersebut dengan alat yang telah disediakan.
2.
Strategi pemasaran
“Untuk Yuyu Tela Ungu” ada beberapa yaitu secara macam alternative yang bisa digunakan
dalam meperkenalkan produk langsung kepada masyarakat dengan cara door to door,
dan secara tidak langsung/konsinyasi.
3.
Pengembangan usaha
(pengembangan produksi) “Untuk Yuyu Tela Ungu” di antaranya sebagai berikut:
a.
Meningkatkan kapasitas
produksi. Jika permintaan konsumen meningkat, kita bisa menambah jumlah
produksi yang tentunya meningkatkan penjualan dan keuntungan.
b.
Diversifikasi ialah
penganeka ragaman produk. Yaitu dengan membuat makanan yang lain dari bahan
baku yang sama. Dalam usaha kami ini kami ingin membuat ubi jalar (tela ungu)
menjadi stik tela ungu. Keinginan mengadakan perluasan usaha menjadi pendorong
utama. Kegiatan menjadi serba besar, kemungkinan mendapatkan keuntungan juga
akan lebih besar, karena diproduksikan sejumlah besar barang yang dibutuhkan
konsumen atau paling tidak pendapatan stabil, sebab kerugian menjual barang
yang satu dapat ditutup dengan keuntungan menjual barang yang lain.
c.
Integrasi vertikal
adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi suatu perusahaan yang
aktivitasnya berhubungan secara vertikal. Hubungan vertikal meliputi pengadaan
bahan baku dan sumber daya lain, proses produksi, hingga pemasaran ke konsumen
pengguna barang atau jasa. Dalam usaha kami ini kami ingin memperluas usaha
dengan membuat makanan dari ubi jalar (tela ungu) dengan membeli bahan baku
dari petani ketela secara langsung sehingga
kita bisa mengambilnya.. Jadi kita usaha kita terjamin bahan bakunya dan
tanpa mengeluarkan tambahan biaya.
d.
Memperluas daerah
produksi dan pemasaran. Yaitu dengan membuka cabang atau mengembangkan ke
daerah yang lain. Sehingga usaha kita semakin besar dan berkembang. Keuntungan juga
akan bertambah.
BAB III
METODE PEMASARAN
A. Promosi
Sebagai
langkah awal dari sebuah produk baru kami melakukan pembagian gratis produk
“Untuk Yuyu Tela Ungu” kepada para
pelajar, guru dan masyarakat, dengan harapan mereka tertarik pada produk kami.
Selanjutnya
produk ini kami beri nama ”Untuk Yuyu Tela Ungu”, dengan dua variasi ukuran
kemasan yaitu ukuran 50 gram dan 100 gram
dan 150 gram..
B. Srategi Pemasaran
Dalam
memasarkan “Untuk Yuyu Tela Ungu” ada beberapa macam alternative yang bisa digunakan
dalam meperkenalkan produk yaitu secara
langsung kepada masyarakat dengan cara door to door, dan secara tidak
langsung/konsinyasi.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Dari
hasil pembuatan “Untuk Yuyu Tela Ungu” sebagai sumber pangan alternative yang
dapat meningkatkan pengetahuan ketrampilan dan kesadaran masyarakat kota Pati.
Potensi yang terdapat dalam ubi jalar
yang seringkali tidak dimanfaatkan dan hanya direbus begitu saja oleh
masyarakat kota Pati, saat ini telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang
diolah menjadi berbagai hidangan yang mengandung karbohidrat dan serat yang
cukup tinggi serta bisa memperlancar pencernaan bagi manusia. Ubi jalar tidak lagi menjadi bahan pangan yang memiliki
nilai ekonomis dan dapat diterima oleh masyarakat kota Pati. Untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat khususnya melalui bisnis peluang usaha “Untuk Yuyu
Tela Ungu”.
B.
Saran
Harapan
kami menciptakan peluang usaha “Untuk Yuyu Tela Ungu” bisa membangkitkan
wirausaha yang belum mengenal manfaat ubi jalar untuk diolah menjadi suatu
bahan pangan yang dapat dikonsumsi masyarakat sehari- hari yaitu “Untuk Yuyu
Tela Ungu”
DAFTAR PUSTAKA
Morton
JF 2004, dalam kumalasari 2005
Beerapa
pertanyaaan yang kami tanyakan pada saat wawancara kepada salah satu UD. ANING
BAWANG PUTIH, yaitu salah satu industri makanan ringan di Desa Trangkil Kec.
Trangkil Kab. Pati.
1. Bagaimna
cara mengenalkan produk pertama kali di masyarakat?
2. Bagaimana
strategi pemasaran yang harus dilakukan untuk memasarkan produk yang belum
dikenal oleh masyarakat sekitar?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar